Visi jurusan Manajemen Dakwah (MD) adalah menjadi institusi pendidikan manajemen dakwah yang progresif, mampu beradaptasi dan learning faster.
Misi Jurusan MD terekspresikan dalam 4 kata;
Aware, Learn, Lead, Inspire
Keempat kata tersebut menjelaskan bahwa misi jurusan MD adalah :
- Melaksanakan proses transformasi keilmuan manajemen secara efektif.
- Meningkatkan riset aksi manajemen.
- Memperbanyak kolaborasi (network enhancement) dengan perusahaan akseleratif dan lembaga dakwah agar tercipta keseimbangan antara teori dan praktek.
- Melakukan benchmarking dan transferring knowledge terhadap masyarakat dan organisasi dalam rangka ketauladanan manajemen.
Budaya organisasi jurusan didesain agar terjadi "feminisasi manajemen" yakni aktivitas manajemen yang fleksibel tapi optimal dan menggugah komitmen. Sebegitu mencairnya pola hubungan dan komunikasi sesama staf pengajar dan jajaran manajemen jurusan MD membuat proses diseminasi skill dan pengetahuan manajemen menjadi mudah terjadi.
Kekuatan staf pengajar jurusan MD terletak pada banyaknya dosen dengan gelar magister di bidang Manajemen, baik dari luar negeri maupun dari dalam. Negara Australia adalah salah satu rujukan dosen MD untuk menambah kapabilitas keilmuan manajemen. Selain itu, sebagian dosen MD juga ada yang berasal dari kalangan birokrat dan praktisi konsultan bisnis. Untuk memfasilitasi gairah akademisi, jurusan mendirikan "Lembaga Pengembangan dan Konsultansi Manajemen" yang dikelola langsung oleh staf pengajar jurusan MD.
Konsentrasi jurusan MD terklasifikasi pada dua orientasi; yakni Kelembagaan Islam dan Kewirausahaan Islam. Dari implementasi dua konsentrasi itu, jurusan MD memiliki fokus pada pembentukan kompetensi manajemen, bisnis dan entrepreneurship.
Core Subjects
Ada tiga landasan perkuliahan jurusan MD.
Pertama, fondasi mata kuliah dengan penekanan pada spiritual dan character building seperti Akhlak Tasawuf, Etos Kerja Islam, Psikologi, Ilmu Dakwah, Etika Bisnis Islam, dsb.
Kedua, fondasi mata kuliah dalam dimensi kemanajerialan seperti teori dan konteks organisasi, prinsip manajemen kontemporer, Strategi Bisnis, Kepemimpinan, Manajemen SDM, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Organisasi Nirlaba, Perilaku dan Budaya Organisasi, dsb.
Ketiga, fondasi mata kuliah dengan bingkai praktek kewirausahaan seperti Manajemen Koperasi, Manajemen Bisnis, Kewirausahaan Islam, dsb.
Dengan menilik asas Change Management dan nilai-nilai dakwah kontemporer, arah pembelajaran manajemen kemudian diadaptasi sedemikian rupa sehingga mahasiswa/i menguasai skill dan knowledge tentang manajemen praktis di semua jenis organisasi, baik profit atau non-profit. Dengan kapabilitas seperti ini, obyek kajian riset tidak terbatas lagi hanya pada institusi atau lembaga yang berlabel Islam saja seperti KBIH, Baitul Mal wat Tamwil (BMT), Bank Muamalah, Islamic Center, Pondok Pesantren, Kementerian Agama, Yayasan Islam, dsb; tetapi mahasiswa/i jurusan MD diharapkan mampu bersaing dalam melakukan aksi dan penelitian di lembaga dan perusahaan akseleratif seperti BCA, Astra, detik.com, majalah Info Franchise, Indomaret, Telkomsel, home-based industries, dsb.
Student ServicesPrinsip layanan jurusan MD terhadap mahasiswa adalah : First, we are your friends. Second, we are your managers. Third, we are your entertainers.
Budaya komunikasi informal antara mahasiswa dengan staf jurusan membuat suasana pelayanan menjadi tepat sasaran. Mahasiswa/i begitu mudah untuk berkonsultasi dengan staf jurusan dan menyelesaikan proses administrasi secara mudah. Gaya kepemimpinan jurusan MD yang "entertainer" pun terbilang unik sehingga intensitas pertemuan mahasiswa terhadap staf jurusan sangat tinggi.
Layanan umum yang diberikan jurusan MD:
- Fasilitas komputer dan internet sebagai media mahasiswa dalam mengakses informasi dan data riset.
- Unit kerja bisnis (koperasi mahasiswa) yang kompetitif.
- Peminjaman laptop dan LCD proyektor terhadap kegiatan kemahasiswaan.
- Student Advisory Centre; yang memberikan waktu kepada mahasiswa untuk konsultasi matakuliah dan proses penulisan karya ilmiah.
Kerjasama
Jurusan MD memiliki program praktikum yang mengarahkan mahasiswa/i untuk bisa beradaptasi dan memahami praktek yang riil dalam manajemen organisasi. Beberapa lembaga yang bekerja sama untuk praktek internship jurusan MD adalah Rumah Sakit Siti Hajar Sidoarjo, KBIH Bryan Makkah, KBIH Uswah Surabaya, Kandepag Surabaya, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, BRI Syariah Surabaya, Cabang Perum Pegadaian Syariah Surabaya, dan sejumlah usaha kecil-menengah.
Jurusan MD juga sedang membangun unit-unit kerja sebagai wahana pelatihan mahasiswa. Melalui networking dengan Pondok Sidogiri, sebagai misal, laboratorium jurusan MD bersinergi secara kuat dalam hal pendirian BMT (Bayt al-Mal wa al-Tamwil)
Assalamu 'alaikum..
BalasHapusKami harap kepada seluruh Mahasiswa/i Manajemen Dakwah Se-Indonesia agar dapat meluangkan waktunya untuk berkunjung ke blog Manajemen Dakwah UIN Suska Riau di http://mduinsuska.blogspot.com untuk mempererat tali silaturahim via internet..
Terima kasih atas perhatiannya.
waalaikumsalam,, terimakasih sudah mampir, semoga blog ini membawa manfaat,, https://www.facebook.com/manajemen.surabaya?ref=ts&fref=ts
BalasHapus